Traning Manajemen Bangsal Keperawatan

PENGANTAR

Training Manajemen Bangsal Keperawatan – Dalam sebuah rumah sakit salah satu komponen penting yang terkait dengan pelayanan kepada pasien adalah manajemen bangsal. Bagi pasien rawat inap, fasilitas dan sistem pelayanan manajemen pengelolaan bangsal yang baik merupakan harapan utama. Semenjak terbitnya Undang-Undang No 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional antusias masyarakat terhadap jaminan kesehatan meningkat pesat, dimana masyarakat berbondong-bondong mendaftarkan diri untuk menjadi anggota BPJS Kesehatan. Dilain sisi para penyelenggara pelayanan kesehatan harus siap dengan banyaknya pasien yang akan dilayani, salah satu untuk para pasien rawat inap yaitu pelayanan bangsal. Tidak dipungkiri banyaknya keluhan pasien saat ini terhadap penyelenggara pelayanan kesehatan yang paling banyak adalah terkait fasilitas rawat inap (bangsal) yang sangat terbatas, tidak sebanding dengan banyaknya pasien yang ada.

Performance manajemen bangsal, tidak lepas dari peran seorang kepala ruang rawat dan timnya, dimana kepala ruang rawat merupakan jabatan yang cukup penting dan strategis, karena secara manajerial kemampuan kepala ruang rawat menentukan keberhasilan pelayanan keperawatan. Sebagai seorang front line manajer, kepala ruang rawat dituntut untuk memiliki kemampuan dalam merencanakan, mengorganisir, melakukan pengarahan, mengendalikan dan mengevaluasi pelayanan sehingga pengelolaan ruang rawat menjadi efektif dan efisien. Begitu juga para tim manajemen bangsal mereka harus siap dan terlatih dalam mengelola bangsal yang baik dan bisa memberikan pelayanan bangsal yang baik kepada pasien.

Mengingat pentingnya pengelolaan manajemen bangsal yang tepat, sebagai hospital consultant BMD Street Consulting bermaksud menyelenggarakan program Pelatihan Manajemen Bangsal Rumah Sakit yang sangat dianjurkan diikuti oleh para kepala dan tim departemen bangsal di rumah sakit. Dengan tujuan memberikan bekal pengetahuan dan skill yang memadai dalam menyusun perencanaan, melakukan pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian bangsal dirumah sakit. Disamping mempunyai kemampuan mengelola, maka kemampuan kepemimpinan di tingkat bangsal, mutlak diperlukan bagi seorang kepala bangsal karena ia harus mempengaruhi sejumlah tenaga untuk bersama-sama mengarah pada pencapaian tujuan bangsal dan Rumah Sakit. Begitu juga para anggotanya harus mampu bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik terhadap sesama dilapangan.

MAKSUD & TUJUAN

Program pelatihan yang kami berikan ini berorientasi kepada aplikasi dan aplikasi teknis dilapangan (non sertifikasi/SKP) dengan sertifikat yang diterbitkan oleh internal perusahaan, dimana eksistensi BMD Street Consulting selain terdaftar sebagai badan hukum di Dirjen AHU Kementerian Hukum dan HAM, juga telah diakui secara nasional diseluruh penjuru Indonesia, dibuktikan dengan telah banyak memberikan program-program pelatihan dan bimbingan teknis ke hampir 1000 rumah sakit di Indonesia. Mengingat pentingnya program ini bagi pengembangan dan pelayanan rumah sakit, adapun manfaat lain yang akan didapat setelah menyelesaikan program ini yaitu diharapkan peserta:

  • Memahami peran, fungsi dan tugas-tugas sebagai kepala ruang/bangsal/unit keperawatan dan juga sebagai tim kerja demi kelancaran tugas operasional
  • Mampu mengidentifikasi dan mengelola masalah melalui langkah-langkah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian
  • Mampu membentuk Tim Pelayanan Keperawatan yang tangguh bersama staff yang selalu mengedepankan keselamatan pasien
  • Mampu memimpin staff untuk mencapai sasaran efektif.
  • Mampu menerapkan model praktek keperawatan profesional di unit kerja
  • Mampu meningkatkan dan pengembangan sistem pelayanan yang baik dirumah sakit, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

MATERI PEMBAHASAN

  • Motivasi dan Prinsip Service Excellence Pelayanan Keperawatan
  • Pengantar dan Manajemen Bangsal Keperawatan
  • Pengantar Manajemen dan Kepemimpinan Dalam Pelayanan Keperawatan
  • Mendesain, Merencanakan dan Implementasi Perencanan Pelayanan Keperawatan
  • Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pelayanan Keperawatan
  • Pengarahan, Pengendalian dan Pengawasan Dalam Pelayanan Keperawatan
  • Empat pilar Keperawatan Profesional
  • Manajemen Asuhan Keperawatan
  • Komunikasi Efektif dalam Pelayanan dan Pelanan Keperawatan
  • Membangun Sistem Dokumentasi dan Aplikasi Asuhan Keperawatan Sebagai Penunjang Akreditasi Rumah Sakit.

PESERTA YANG DIREKOMENDASIKAN

Perawat kepala bangsal/penanggung jawab bangsal, perawat fungsional yang dipersiapkan untuk menjadi kepala bangsal, perawat yang diberikan tugas sebagai penanggung jawab shift jaga, perawat duty manager atau sebutan lain yang memiliki tugas dan tanggung jawab melakukan pengelolaan pelayanan keperawatan

TRAINER 

Profil TIM Pengajar Klik Disini

DURASI
 3 Hari (Efektif 21 Jam: 09.00-16.00)
INVESTASI (Tidak termasuk penginapan)
Normal Class
Rp 6.500.000,00/peserta (Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya)
Rp 7.500.000,00/peserta (Bali, Lombok)

Online Class

  • Rp. 2.500.000/peserta (Online Zoom Meeting)

FASILITAS

Normal Class

  • Sertifikat, Modul soft file & copy, Lunch, 2 x Coffee Break, Training Kit (Tas Jinjing, Blocknote, Ballpoint, Flashdisk, Tas Gemblock), foto bersama, diselenggarakan dihotel berbintang.

Online Class

  • Sertifikat dan Soft Copy Modul
(Dapatkan Promo Cash Back/Discount Klik disini..!)

FASILITAS

Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit (blocknote+Ballpoint), Jacket, Tas Ransel, 3X Lunch, 2X Coffee Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.

INFORMASI

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0812 9578 8177, 0813 8280 7230

JADWAL TRAINING MANAJEMEN BANGSAL KEPERAWATAN TAHUN 2020 :

  • 19-21 Oktober 2020 Bandung
  • 16-18 November 2020 Malang
  • 14-16 Desember 2020 Bogor

REQUEST JADWAL & WAKTU PELAKSANAAN YANG SESUAI…??? KLIK DISINI UNTUK MEREQUESTNYA DAN DAPATKAN HARGA KHUSUS UNTUK REQUEST SECARA PAKET

REFERENSI 

  1. RSUD Sidikalang
  2. RSUD Rantau Rapat
  3. RSUD Taman Husada Bontang
  4. RSUD Undata Palu
  5. RSU Kota Tangerang Selatan

TESTIMONIAL

  • “Saya sangat terkesan atas pelatihan yang sifatnya formal tetapi santai, sehinggal permasalahan yang ada pada instansi kami bisa di konsultasikan dan mendapatkan solusinya.. Thanks untuk BMD. Abdul Aziz-RSUD Undata Palu”
  • “Trainer menguasai materi yang disajikan dan mampu memahami masalah peserta, materinya pun menarik dan aplikatif. selain itu tempat pelatihannya cukup baik dan fasilitasnya sangat memadai . Joni Kaba, S.Kep. Ns-RSUD  Taman Husada Bontang”
  • Kesan saya setelah mengikuti Training Manajemen Bangsal ini sangat-sangat berkesan, apalagi pembahasan materi tentang Manajemen Bangsal ini banyak ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk menambah wawasan saya. Sri Kustanti S.Kep – Kepala Ruangan RSU Kota Tangerang Selatan

Manajemen Bangsal BMD

Share this post