Training Audit Lingkungan Rumah Sakit Untuk Persiapan Akreditasi atau ISO 14001

PENGANTAR

Rumah sakit sebagai salah satu bentuk industri jasa yang memberikan pelayanan kesehatan. Kegiatan tersebut akan menimbulkan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah meningkatnya derajat kesehatan masyarakat, sedangkan dampak negatifnya antara lain menghasilkan sampah dan limbah medis maupun non medis yang dapat menimbulkan penyakit dan pencemaran yang perlu perhatian khusus. Di tempat ini dapat terjadi penularan baik secara langsung (cross infection), melalui kontaminasi benda-benda ataupun melalui serangga (vector borne infection) sehingga dapat mengancam kesehatan masyarakat umum.

Upaya penyehatan lingkungan rumah sakit yang bertujuan untuk melindungi masyarakat akan bahaya pencemaran lingkungan yang bersumber dari sampah maupun limbah rumah sakit. Limbah rumah sakit dapat mencemari lingkungan penduduk di sekitar rumah sakit dan dapat menimbulkan masalah kesehatan. Hal ini dikarenakan dalam limbah rumah sakit dapat mengandung berbagai jasad renik penyebab penyakit pada manusia termasuk demam typoid, kholera, disentri dan hepatitis sehingga limbah harus diolah sebelum dibuang kelingkungan.

Oleh karena itu, limbah medis tidak boleh dibuang langsung ke dalam media lingkungan hidup tanpa diolah terlebih dahulu. Sistem Manajemen Lingkungan (SML) adalah salah satu sarana pengolahan limbah B3. Manajemen lingkungan rumah sakit merupakan manajemen yang dinamis sehingga diperlukan adaptasi atau penyesuaian bila terjadi perubahan di rumah sakit, yang mencakup sumber daya, proses dan kegiatan rumah sakit. Berbagai manfaat yang bisa didapat apabila menerapkan sistem manajemen lingkungan rumah sakit adalah yang terpenting perlindungan terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Audit lingkungan sebagai salah satu komponen SML dilakukan untuk meninjau kemajuan organisasi dalam pengelolaan lingkungan dan dimungkinkan untuk mengusulkan tindakan perbaikan. Proses audit, peninjauan, perbaikan dan tindak lanjut akan menghasilkan suatu perbaikan pada sistem manajemen lingkungan. Dengan adanya perbaikan pada SML akan berdampak positif bagiorganisasi dan mahkluk hidup di sekitarnya Perusahaan atau organisasi yang telah melakukan SML untuk keperluan sertifikasi harus melaksanakan audit secara internal maupun eksternal.

TUJUAN

Tujuan dari pelatihan Training Audit Lingkungan Rumah Sakit untuk Persiapan Akreditasi/ISO ini adalah peserta mampu mengevaluasi kondisi pengelolaan (reduksi, pewadahan, penyimpanan sementara, pengangkutan, dan pengolahan di sumber) limbah medis yang telah dilakukan oleh rumah sakit.

MATERI PELATIHAN

  • Standar Manajemen Mutu Lingkungan ISO 14001
  • Audit Sistem Manajemen Lingkungan
  • Teknologi Pengelolaan Limbah di Rumah Sakit.
  • Strategi Pencegahan Pencemaran di Rumah Sakit
  • Studi Kasus.

METODE PELATIHAN

Training Audit Lingkungan Rumah Sakit Untuk Persiapan Akreditasi atau ISO 14001 ini menggunakan metode interaktif, yaitu pemahaman dari sisi konsep, contoh aplikasi, berlatih menuangkan konsep, diskusi interaktif dan studi kasus sehingga peserta dapat lebih mudah memahami dan menguasai materi yang diajarkan.

INSTRUKTUR 

Profil TIM Pengajar Klik Disini

DURASI
 2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)
INVESTASI (Tidak Termasuk Penginapan)
Normal Class
Rp 4.350.000,00/peserta (Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya)
Rp 5.350.000,00/peserta (Bali, Lombok)

Online Class

  • Rp. 1.750.000/peserta (Online Zoom Meeting)

FASILITAS

Normal Class

  • Sertifikat, Modul soft file & copy, Lunch, 2 x Coffee Break, Training Kit (Tas Jinjing, Blocknote, Ballpoint, Flashdisk, Tas Gemblock), foto bersama, diselenggarakan dihotel berbintang.

Online Class

  • Sertifikat dan Soft Copy Modul
(Dapatkan Promo Cash Back/Discount Klik disini..!)
FASILITAS
Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit (blocknote+Ballpoint), Jacket, Tas Ransel, 2X Lunch, 2X Coffee Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.
INFORMASI PENDAFTARAN
Hub      : 021 – 756 3091, 3318 6783, 3280 5064
Fax       : 021 – 756 3291
CONTACT PERSON
0812 9578 8177, 0813 8280 7230

JADWAL TRAINING AUDIT LINGKUNGAN RUMAH SAKIT UNTUK PERSIAPAN AKREDITASI ATAU ISO 14001 TAHUN 2020:

  • 12-13 Oktober 2020 Surabaya
  • 09-10 November 2020 Bogor
  • 14-15 Desember 2020 Malang

REQUEST JADWAL & WAKTU PELAKSANAAN YANG SESUAI…??? KLIK DISINI UNTUK MEREQUESTNYA DAN DAPATKAN HARGA KHUSUS UNTUK REQUEST SECARA PAKET

 

Share this post

Post Comment