PENGANTAR

Training Manajemen dan Penggunaan Darah di Rumah Sakit – Salah satu lembaga penting dibawah pengawas kepemerintahan terkait dengan pengelolaan transfusi darah di kenal dengan Unit Transfusi Darah-Palang Merah Indonesia (UTD-PMI). Unit ini berfungsi untuk melaksanakan Upaya Kesehatan Transfusi Darah ( UKTD ) di Indonesia sesuai dengan PP No. 18/1980 dan SK Kemenkes RI No. 478/1990. Dimana unit ini bertujuan adalah untuk memenuhi kebutuhan darah yang sehat, aman, bermutu dan sesuai dengan waktu yang digunakan untuk proses transfusi. Sebagaimana isu kesehatan didunia yang menjadi sorotan penting lembaga kesehatan dunia ” World Health Organization (WHO) “. Upaya tersebut salah satunya dilakukan dengan  cara melaksanakan uji saring darah donor terhadap penyakit yang dapat ditularkan melalui transfusi, seperti sifilis, hepatitis B, HIV dan hepatitis C dan melakukan uji saring golongan darah untuk mendapatkan transfusi darah yang aman. Selain itu yang menjadi sorotan penting lainnya yaitu penggunaan darah yang rasional oleh para praktisi medis dan proses persiapan pelaksanaan transfusi darah oleh team dan petugas perawat rumah sakit. Dimana sampai saat ini masih banyak ditemukan dilapangan para praktisi medis yang masih belum menyadari penggunaan darah transfusi yang tepat serta terbatasnya pengetahuan dan pemahaman terkait dengan pelayanan transfusi darah yang benar. Salah satunya adalah kejadian kasus transfusi darah yang masih ditangani dengan pemberian darah lengkap, jumlah yang tersedia tidak sesuai dengan kebutuhan, kurangnya pengetahuan team perawat dan petugas bangsal rumah sakit dalam menangani transfusi darah dan lain sebagainya, hal inilah yang menjadi catatan tersendiri dan maksud dari BMD Street Consulting dimana kiprahnya yang sampai saat ini telah dipercaya oleh banyak lembaga kesehatan salah satunya rumah sakit, untuk membantu pengembangan SDM dan manajemen terkait dengan penggunaan transfusi darah, dimana setelah menyelesaikan program pelatihan ini diharapkan peserta mampu memenuhi persyaratan kompetensi, skill dan pengetahuan terkait dengan pengelolaan transfusi darah di rumah sakit.

TUJUAN

Training Manajemen dan Penggunaan Darah di Rumah Sakit ini mempunyai tujuan salah satunya adalah untuk:

  • Memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada peserta yang terlibat perihal pentingnya penanganan dan pengolahan transfusi darah yang benar sesuai dengan standar persyaratan yang berlaku
  • Memberikan pengetahuan kepada peserta untuk bisa menjalankan proses transfusi darah yang benar sesuai dengan standar PMI dan WHO
  • Membantu para praktisi rumah sakit untuk menambah skill dan pengetahuannya terkait dengan manajemen dan tata cara proses transfusi darah yang benar sesuai dengan standar persyaratan yang telah dikeluarkan oleh PMI dan WHO

BAHAN AJAR

Dalam Training Manajemen dan Penggunaan Darah di Rumah Sakit , bahan ajar yang akan disampaikan adalah sesuai dengan beberapa buku panduan standar persyaratan yaitu yang dikeluarkan oleh:

  1. Panduan umum dan bimbingan praktis ” Clinical use of Blood ” yang dikeluarkan oleh organisasi kesehatan dunia WHO
  2. Panduan umum serta persyaratan dan prosedur ” Usaha Transfusi Darah (UTD) PMI ” Indonesia

METODE PELAKSANAAN

Training Manajemen dan Penggunaan Darah di Rumah Sakit ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan. Disampaikan dalam bentuk ceramah, diskusi interaktif dan presentasi kelompok.

PESERTA HARUS IKUT..??

Peserta yang wajib ikut dalam pelatihan ini adalah Dokter di Bank Darah, Dokter Spesialis, Dokter IGD, Dokter di Kamar Bedah, Dokter di Ruangan, Kepala Instalasi Laboratorium, Analis di Laboratorium, Ka. Perawat dan Senior Perawat, Ka. Bangsal dan semua pihak yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan dan manajemen transfusi darah dirumah sakit.

INSTRUKTUR

RR.Gadis Permata Julia NS & Team

Latar belakang pendidikan beliau adalah akademi perekam kesehatan dan sarjana Administrasi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan. Sangat berpengalaman sebagai praktisi rekam medis Rumah Sakit lebih dari 12 tahun di dunia kesehatan. Karirnya dimulai menjabat sebagai staff hingga kepala instalasi Rekam Medis dibeberapa rumah sakit besar di jakarta. Diantara karir beliau diantaranya pernah menjabat dan praktek dibeberapa rumah sakit seperti: RS Agung Manggarai, RSIA Hermina Depok, RS Cengkareng, RSUD Cengkareng, RSPAD Gatot Subroto, RS Islam Cempaka Putih, RSUP Persahabatan, RS Jiwa Jakarta, RSAB Harapan Kita, RSAL Mintohardjo, Forensik FKUI, Puskesmas Cempaka Putih, RS POLRI Kramat Jati, RS THT Perhati, RS Sumber Waras, RS Medika Griya, RS Siaga Raya, RS RUTAN Cipinang, RS Bethesda Yogyakarta, RSUP dr. Sardjito Yogyakarta. Berbagai kompetensi dan pengembang sistem Rekam Medis telah beliau kuasai seperti: sistem administrasi RM, Record dan Document Control RM, Pelaporan RM, Kaji Ulang Keefektifan sistem RM Rumah Sakit, Audit hingga persiapan Instalasi Rekam Medis untuk Akreditasi.

DURASI
 2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)
INVESTASI (Tidak Termasuk Penginapan)

Rp 4.350.000,00/peserta (Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya)
Rp 5.350.000,00/peserta (Bali, Lombok, Balikpapan)

Promo

Cashback/Discount Rp. 250.000* (Syarat dan ketentuan berlaku call us)

FASILITAS
Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit (blocknote+Ballpoint), Jacket, Tas Ransel, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.

INFORMASI PENDAFTARAN & PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0812 9578 8177, 0813 8280 7230

JADWAL TRAINING MANAJEMEN DAN PENGGUNAAN DARAH DIRUMAH SAKIT TAHUN 2017

  • 21-22  Desember 2017 Bandung

JADWAL TRAINING MANAJEMEN DAN PENGGUNAAN DARAH DIRUMAH SAKIT TAHUN 2018

  • 15-16 Januari 2018 Jakarta
  • 19-20 Februari 2018 Yogyakarta
  • 19-20 Maret 2018 Bogor
  • 16-17 April 2018 Surabaya
  • 21-22 Mei 2018 Jakarta
  • 18-19 Juni 2018 Yogyakarta
  • 16-17 Juli 2018 Bogor
  • 20-21 Agustus 2018 Surabaya
  • 17-18 September 2018 Jakarta
  • 15-16 Oktober 2018 Yogyakarta
  • 21-22 November 2018 Bogor
  • 17-18 Desember 2018 Surabaya