PENGANTAR

Lingkup bidang keperawatan memberikan asuhan keperawatan baik pada pasien yang beresiko terinfeksi atau telah terinfeksi. Pengetahuan mengenai bagaiman terjadinya infeksi sangat penting dikuasai untuk membatasi dan mencegah terjadi penyebaran infeksi dengan cara mempelajari ilmu bakteriologi, imunologi, virologi dan parasitologi yang terkandung pada ilmu mikrobiologi.

Selain itu, diperlukan juga cara untuk mengurangi atau bahkan mengatasi infeksi tersebut secara keseluruhan. Secara lebih spesifik diperlukan pula pengetahuan mendasar akan kondisi seperti apa yang bisa dijadikan lokasi atau tempat untuk melakukan asuhan kebidanan.

Perkembangan ilmu mikrobiologi telah memberikan sumbangan yang besaar bagi dunia kesehatan, dengan ditemukannya berbagai macam alat berkat penemuan beberapa ilmuan besar.  Bahwa terbukti untuk mencegah atau mengendalikan infeksi tenaga kesehatan dapat menggunakan konsep steril ataupun bersih, untuk membantu proses penyembuhan pasiennya dan lebih spesifik lagi untuk mengendalikan dan mencegah terjadinya infeksi.

TUJUAN

Tujuan dari pelatihan implementasi Desinfeksi dan Sterilisasi di rumah sakit ini adalah :

  • Mengenalkan kepada peserta bagaimana konsep steril dan desinfeksi digunakan.
  • Mempelajari pengertian, tujuan maupun macam-macam tekhnik sterilisasi dan desinfeksi.
  • Memberikan pemahaman kepada peserta tentang implementasi sterilisasi dan desinfeksi di rumah sakit.

MATERI PELATIHAN

  • Macam-macam sterilisasi
  • Sterilisai secara mekanik (filtrasi)
  • Sterilisasi secara fisik
  • Sterilisasi dengan Cara Kimia
  • Aplikasi Sterilisasi dan Desinfeksi dalam Keseharian Dunia Kesehatan dan Keperawatan di Rumah Sakit
  • Hal-hal yang perlu diperhatikan pada desinfeksi secara kimia
  • Macam-macam zat kimia yang biasa dipakai sebagai Antiseptik dan Desinfektan
METODE PELAKSANAAN
Training Implementasi Desinfeksi dan sterilisasi di Rumah Sakit ini menggunakan metode interaktif, yaitu pemahaman dari sisi konsep, contoh aplikasi, berlatih menuangkan konsep, diskusi interaktif dan studi kasus sehingga peserta dapat lebih mudah memahami dan menguasai materi yang diajarkan

TRAINER 

dr. Hasri Dinirianti, MARS & Team

Background pendidikan beliau adalah lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta dan lulusan Kajian Administrasi Rumah Sakit Universitas Indonesia (MARS-UI). Selain aktif sebagai Trainer dan Association Consultant di BMD Street Consulting dengan spesialisasi keahlian sebagai: ahli administrasi rumah sakit, Instalisasi Gawat Darurat, Instalisasi Rekam Medis, Central Sterile Supply Departement, Basic Life Support, Pencegahan dan Pengendalian Infeksi, Sertifikasi ISO 9001 Manajemen Mutu Rumah Sakit dan Akreditasi Rumah Sakit (JCI) . Beliau juga pernah dan masih aktif sebagai Kepala Instalasi Gawat Darurat RSUD Cengkareng, dokter IGD RS Pelabuhan Jakarta, Instalasi Rekam Medis RSUD Cengkareng, dr Klinik Bahar Medika Depok, Management Representatif ISO 9001:2008 RSUD Cengkareng, dan dr PUSKESMAS Ender Kabupaten Cirebon. Sebagai profesional Trainer dan Konsultan beberapa rumah sakit yang pernah beliau tangani baik sebagai trainer dan konsultan diantaranya: Rumah Sakit Umum Daerah Kota Sumedang, Rumah Sakit Ibu dan Anak Stelamaris Medan, Rumah Sakit Paru Dr Ario Wirawan Salatiga, RS. UNHAS Makassar, RSUD Malingping Lebak Banten, RS Graha Husada Lampung, RS Pelabuhan Palembang, RSA Melania, RSUD Kabupaten Malinau, RSUD Sidikalang, RSUD Rantau Rapat, RSUD Taman Husada Bontang, RSUD Undata Palu,  dan masih banyak lagi lainnya

Apriningsih SKM, MKM & Team

Latar belakang pendidikan beliau Master of Public Health, University of Indonesia Faculty of Public Health, major in Quality of Health Service, Bachelor degree of Public Health, University of Indonesia Faculty of Public Health, major in Epidemiology. Working experiences: aktif sebagai Asosiasi Konsultan ” Jaminan Sosial dan Mutu Pelayanan Kesehatan Masyarakat, Medical Hotline and Preauthorization Administrator dan Utilization review at Case Management Departement,  Peneliti di Pusat Administrasi Kesehatan dan Study Kebijakan Universitas Indonesia, Dosen mutu dan kesehatan masyarakat di beberapa kampus di Jakarta seperti: Universitas Indonesi, UPN-Jakarta dan Univ. Muhammadiyah., Jakarta , University of Indonesia. Dalam karirnya beliau pernah menulis sekaligus menterjemah buku: “ HACCP Sekilas Pandang. oleh Sara Mortimore & carol Wallace yang diterbitkan oleh  EGC- Penerbit Buku Kedokteran Jakarta (2005). Pengantar Epidemiologi karya Thoms C Timmreck,PhD diterbitkan oleh EGC Jakarta(2005), Panduan Studi Epidemiologi dan Biostatstika oleh Richard F Morton EGC-Jakarta(2009), Metode Pendidikan Kesehatan Masyarakat oleh Robert J.Bensley Jodi Brookins-Fisher diterbitkan oleh EGC-Jakarta(2009), Pedoman Mutu Air Minum-World Health Organization. diterbitkan oleh EGC Jakarta (2009).

DURASI
 2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)
INVESTASI (Tidak Termasuk Penginapan)
Rp 4.350.000,00/peserta (Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya)
Rp 5.350.000,00/peserta (Bali, Lombok)
FASILITAS
Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit (blocknote+Ballpoint), Jacket, Tas Ransel, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.
INFORMASI & PROMO
Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291
CONTACT PERSON
0812 9578 8177, 0813 8280 7230

JADWAL TRAINING TAHUN 2017

  • 14-15 Desember 2017 Bali

JADWAL TRAINING TAHUN 2018

  • 4-5 Januari 2018 Jakarta
  • 8-9 Februari 2018 Surabaya
  •  8-9 Maret 2018 Jakarta
  • 5-6 April 2018 Surabaya
  • 8-9 Mei 2018 Jakarta
  • 7-8 Juni 2018 Surabaya
  • 5-6 Juli 2018 Jakarta
  • 9-10 Agustus 2018 Surabaya
  • 6-7 September 2018 Jakarta
  • 4-5 Oktober 2018 Surabaya
  • 8-9 November 2018 Jakarta
  • 6-7 Desember 2018 Surabaya

Post Comment