PENGANTAR

Rumah sakit sebagai salah satu bentuk industri jasa yang memberikan pelayanan kesehatan. Kegiatan tersebut akan menimbulkan dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah meningkatnya derajat kesehatan masyarakat, sedangkan dampak negatifnya antara lain menghasilkan sampah dan limbah medis maupun non medis yang dapat menimbulkan penyakit dan pencemaran yang perlu perhatian khusus. Di tempat ini dapat terjadi penularan baik secara langsung (cross infection), melalui kontaminasi benda-benda ataupun melalui serangga (vector borne infection) sehingga dapat mengancam kesehatan masyarakat umum.

Upaya penyehatan lingkungan rumah sakit yang bertujuan untuk melindungi masyarakat akan bahaya pencemaran lingkungan yang bersumber dari sampah maupun limbah rumah sakit. Limbah rumah sakit dapat mencemari lingkungan penduduk di sekitar rumah sakit dan dapat menimbulkan masalah kesehatan. Hal ini dikarenakan dalam limbah rumah sakit dapat mengandung berbagai jasad renik penyebab penyakit pada manusia termasuk demam typoid, kholera, disentri dan hepatitis sehingga limbah harus diolah sebelum dibuang kelingkungan.

Oleh karena itu, limbah medis tidak boleh dibuang langsung ke dalam media lingkungan hidup tanpa diolah terlebih dahulu. Sistem Manajemen Lingkungan (SML) adalah salah satu sarana pengolahan limbah B3. Manajemen lingkungan rumah sakit merupakan manajemen yang dinamis sehingga diperlukan adaptasi atau penyesuaian bila terjadi perubahan di rumah sakit, yang mencakup sumber daya, proses dan kegiatan rumah sakit. Berbagai manfaat yang bisa didapat apabila menerapkan sistem manajemen lingkungan rumah sakit adalah yang terpenting perlindungan terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Audit lingkungan sebagai salah satu komponen SML dilakukan untuk meninjau kemajuan organisasi dalam pengelolaan lingkungan dan dimungkinkan untuk mengusulkan tindakan perbaikan. Proses audit, peninjauan, perbaikan dan tindak lanjut akan menghasilkan suatu perbaikan pada sistem manajemen lingkungan. Dengan adanya perbaikan pada SML akan berdampak positif bagiorganisasi dan mahkluk hidup di sekitarnya Perusahaan atau organisasi yang telah melakukan SML untuk keperluan sertifikasi harus melaksanakan audit secara internal maupun eksternal.

TUJUAN

Tujuan dari pelatihan Training Audit Lingkungan Rumah Sakit untuk Persiapan Akreditasi/ISO ini adalah peserta mampu mengevaluasi kondisi pengelolaan (reduksi, pewadahan, penyimpanan sementara, pengangkutan, dan pengolahan di sumber) limbah medis yang telah dilakukan oleh rumah sakit.

MATERI PELATIHAN

  • Standar Manajemen Mutu Lingkungan ISO 14001
  • Audit Sistem Manajemen Lingkungan
  • Teknologi Pengelolaan Limbah di Rumah Sakit.
  • Strategi Pencegahan Pencemaran di Rumah Sakit
  • Studi Kasus.

METODE PELATIHAN

Training Audit Lingkungan Rumah Sakit Untuk Persiapan Akreditasi atau ISO 14001 ini menggunakan metode interaktif, yaitu pemahaman dari sisi konsep, contoh aplikasi, berlatih menuangkan konsep, diskusi interaktif dan studi kasus sehingga peserta dapat lebih mudah memahami dan menguasai materi yang diajarkan.

INSTRUKTUR 

Ir. Iskandar F

Latar Belakang Pendidikan beliau adalah lulusan Teknik Industri Institut Teknologi Bandung. Latar Belakang beliau adalah seorang praktisi dimulai Bahasa Dari Tahun 1992-2003 diantaranya sebagai: Project Engineer dan Site Manager PT. Wijaya Engindo Nusa, Electrical Engineer PT. Meiden Engineering Indonesia, Project Manager dan Petugas PPC PT. Siemens Indonesia, Manajer Pabrik PT. INDUSTIRA. Adapun Karir beliau sebagai profesional Konsultan sudah dimulai Bahasa Dari Tahun 2001 hingga sekarang Dan PADA Tahun 2013 beliau mengisi Posisi sebagai Konsultan Senior QHSE di BMD Jalan Consulting Artikel Baru spesialisi: Kualitas Kesehatan dan Lingkungan Dan Produktivitas Pengembangan Sistem. Prestasi beliau sudah dibuktikan Artikel Baru sudah banyaknya PERUSAHAAN Dan institusi Yang beliau tangani BAIK Dalam, MEMBANGUN SISTEM manajemen maupun sertifikasi. PERUSAHAAN Diantara Dan institusi nihil ialah PT. Yamaha Music Mfg Indonesia Jakarta, PT. Duta Instrument Alfa Sakti Jakarta, Linc Logistik Jakarta & Cibitung, PT. Air Drilling Jakarta, Puskesmas Kecamatan Pulogadung, PT. Lautan Sulfamat Lestari Jakarta, PT. Kompleks Presisi Indonesia Bekasi, PT. YKK Zipco Indonesia Cibitung, PT. Union Color Indonesia Sentul, PT. YKK Zipco Indonesia Cibitung, PT. National Utilitas Helicopters Jakarta & Balikpapan, PT. Mega Andalan Kalasan Yogyakarta, RS M. Husni Thamrin Jakarta, PT. Bina Sarano Engineering, Jakarta, Kreasindo Eratek Dinamika Jakarta, federal karyatama Jakarta, Pertamina RU III Plaju-, PT. Bangunperkasa Adhitamasentra Karawang, PT. Inalum Asahan, Bakrie Sumatera Plantations – Satuan Sumsel 1 dan Masih BANYAK TOTAL

Ir. Beny PK, MBA

Mempunyai Latar Belakang Pendidikan Teknik Lingkungan Institut Teknologi Bandung Dan Magister Manajemen Bisnis dan Administrasi Teknologi (MBA-Technology) Bahasa Dari Universitas Yang sama pula. Kompetensi Yang beliau kuasai meliputi Kepemilikan Modal: QHSE, Dan Orang Deveolopment. Sebagai praktisi QHSE berbagai sertifikasi Kompetensi telah beliau miliki BAIK Yang berasal bahasa Dari Dalam, maupun Luar Negeri, diantaranya seperti sertifikasi: NEBOSH (OHS International Certification), Ken International, Singapura, Keselamatan Benchmarking ke Singapura, Advanced Perilaku Berdasarkan Keselamatan, Ken International, Malaysia Perilaku Keselamatan , Ken International, Sistem Manajemen Terpadu , Bureau Veritas Certification, Reklamasi & Penghijauan Teknik untuk Merehabilitasi lahan terdegradasi Setelah Pasca Pertambangan Minyak / Gas Operation, Green Earth, Modern Sistem Manajemen SHE, IRCA global – Afrika Selatan, RCAT (Akar Penyebab Teknik Analisis) Pelatihan Investigasi Insiden, IRCA global – Afrika Selatan, CAP (Proses Audit Umum) OHSAS 18001 Pelatihan, IRCA global – Afrika Selatan, IRCA Dan berbaring sebagainya. Selain ITU beliau juga terdaftar sebagai Auditor SMK3 di badan Sertifikasi Succofindo. Beliau bergabung Artikel Baru BMD Jalan Consulting sebagai Senior Konsultan Dan Trainer KHUSUS SPESIALIS Kepemilikan Modal Sistem QHSE Dan Pengembangan Masyarakat. Pengalaman Karir beliau dimulai sebagai Asisten Planner dari Sigma Ekspresi Konsultan, Insinyur Lingkungan Trihade Bhakti Konsultan, Lingkungan Manager Sumitomo Corporation, Spesialis Lingkungan dan IMS (ISO 14001, ISO 9001, OHSAS 18001) hingga SHE System & People Development Dept Head salat Satu PERUSAHAAN Minning Kontraktor Internasional.

DURASI
 2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)
INVESTASI (Tidak Termasuk Penginapan)
Rp 4.350.000,00/peserta (Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya)
Rp 5.350.000,00/peserta (Bali, Lombok)
FASILITAS
Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit (blocknote+Ballpoint), Jacket, Tas Ransel, 2X Lunch, 2X Coffee Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.
INFORMASI & PROMO
Hub      : 021 – 756 3091, 3318 6783, 3280 5064
Fax       : 021 – 756 3291
CONTACT PERSON
0812 9578 8177, 0813 8280 7230

JADWAL TRAINING TAHUN 2017

  • 20-21 Desember 2017 Yogyakarta

JADWAL TRAINING TAHUN 2018

  • 11-12 Januari 2018 Bandung
  • 14-15 Februari 2018 Surabaya
  • 15-16 Maret 2018 Bandung
  • 11-12 April 2018 Surabaya
  • 17-18 Mei 2018 Bandung
  • 11-12 Juni 2018 Surabaya
  • 12-13 Juli 2018 Bandung
  • 15-16 Agustus 2018 Surabaya
  • 13-14 September 2018 Bandung
  • 11-12 Oktober 2018 Surabaya
  • 15-16 November 2018 Bandung
  • 13-14 Desember 2018 Surabaya

Post Comment