PENGANTAR TRAINING ASISTEN APOTEKER

Training Asisten Apoteker bermanfaat untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan asisten apoteker di Rumah Sakit. Asisten Apoteker merupakan salah satu profesi yang sudah cukup lama dikenal dalam pelayanan di lingkungan  masyarakat luas dan hingga kini profesi tersebut masih sangat banyak dibutuhkan, mengingat jumlah sarana-sarana pelayanan kesehatan khususnya sarana–sarana kefarmasian bertumbuh terus seiring bertambahnya jumlah penduduk di Indonesia. Kemajuan ilmu kesehatan dan pergeseran paradigma profesi farmasi di bidang pelayanan kesehatan dari drug oriented ke patient oriented, menuntut peningkatan peran tenaga farmasi (Asisten Apoteker dan farmasis) yang bekerja di rumah sakit, agar kualitas hidup pasien meningkat. Untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan peran Asisten Apoteker dalam pelayanan kefarmasian, serta peran farmasis dalam patient safety dan manajemen obat yang baik. Untuk mendukung pharmaceutical care, peran asisten apoteker dan farmasis di rumah sakit dalam pengelolaan obat harus efisien dan efektif, baik dari seleksi, pengadaan, pendistribusian sampai ke penggunaan yang didukung oleh manajemen keuangan, system informasi manajemen, sumber daya manusia dan manajemen pemasaran. Siklus pengelolaan obat dan pelayanan tersebut harus dipahami dan dikuasai oleh asisten apoteker dan farmasis sebagai tenaga professional.

TUJUAN TRAINING ASISTEN APOTEKER

Tujuan dari Training Asisten Apoteker adalah untuk meningkatkan pengetahuan asisten apoteker tentang Sistem Pelayanan Farmasi di rumah sakit.

MATERI TRAINING ASISTEN APOTEKER

  • Pengenalan tentang manajemen obat di rumah sakit
  • Pengadaan obat di rumah sakit (pemilihan supplier, buffer stock, praktek pengadaan obat yang baik)
  • Merancang laporan keuangan di Farmasi rumah sakit
  • Indikator efisiensi dan efektifitas pengelolaan obat di rumah sakit
  • Distribusi obat
  • Inventory control
  • Penggunaan obat di rumah sakit (rasionalitas dan investigasi penggunaan obat, informasi obat dan promosi peresepan yang rasional)
PESERTA YANG DI REKOMENDASIKAN
Instaliasi Farmasi, Apoteker, Assisten Apoteker Rumah Sakit/Klinik/Puskesmas dan semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak dalam instalasi dan manajemen farmasi di rumah sakit.

TRAINER 

Drs.Cholid AR .MM.MARS. Apt Associated Trainer & Consultant BMD Street Consulting ini mempunyai latar belakang pendidikan: lulusan sarjana farmasi apoteker (Apt), magister management (MM), hingga  Magister Administrasi Rumah Sakit ( MARS ). Sebagai praktisi hingga dosen pengajar pernah beliau tekuni hingga saat ini menjadi salah satu tenaga ahli di BMD Street Consulting, diantaranya beliau pernah mengajar di fakultas kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Kesdam VI/Tpr (Kalbar), Pusdikkes TNI-AD, RSPAD Gatot Soebroto, Direktorat Kesehatan TNI-AD, Ditjen Kuathan Kemhan. RS Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, Dinas Kesehatan Kota Tarakan, RSU Kabupaten Berau, dan masih banyak lainnya

Partner : Djoko Erwiyanto M.Kes, S.Si, Apt

DURASI

2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)

INVESTASI (Tidak Termasuk Penginapan)

Rp 4.350.000,00/peserta (Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Malang, Surabaya)
Rp 5.350.000,00/peserta (Bali, Lombok, Balikpapan)
FASILITAS
Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit (blocknote+Ballpoint), Jacket, Tas Ransel, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.

INFORMASI & PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0812 9578 8177, 0813 8280 7230

JADWAL TRAINING TAHUN 2017 :

  • 27-28 November 2017 Yogyakarta
  • 12-13 Desember 2017 Bogor

REFERENSI

  1. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II pekanbaru

TESTIMONI

  • “Training sangat berguna & bermanfaat bagi kami dalam menjalankan  profesi asisten apoteker di tenpat kerja kami, semoga ilmu yang telah di sampaikan dapat memicu kami untuk lebih baik dalam melaksanakan pekerjaan kefarmasian. Terima Kasih kami sampaikan kepada BMD sebagai penyelenggara, pertahankan dan tingkatkan pelayanan dalam training semoga BMD semakin jaya.”Naila Rusyidiana, Staff-Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru.
  • Terima Kasih sudah memfasilitasi kami dalam rangka training asisten apoteker yang dapat meningkatkan pengetahuan/ilmu farmasi yang telah lama dilupakan, semoga ilmu ini dapat diterapkan ditempat kerja kami.” Dedes Handayani, S.Farm, Staff-Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru.

Post Comment