PENGANTAR

Training Effective Cost and Competitive for Installation Pharmacy in Hospital – Perbaikan dalam bidang pelayanan kesehatan adalah salah satu misi pemerintahan saat ini, dimana diharapkan pelayanan kesehatan yang dalam hal ini diselenggarakan oleh rumah sakit swasta maupun pemerintah mampu memberika pelayanan yang maksimal keseluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu tidak henti-hentinya pemerintah melalui aparatur negaranya yaitu kementrian kesehatan mengeluarkan aturan-aturan perbaikan baru untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan kepada warga negaranya, salah satu bentuk perbaikan itua adalah dengan dikeluarkanya SK Kep. Menkes no: 1197/Menkes/SK X/pada tahun 2004, dimana pemerintah menetapkan Standar Pelayanan Instalasi Farmasi di Rumah Sakit (IFRS) yang secara garis besar berisi:

  • Pelayanan instalasi farmasi harus menjadi satu, tidak boleh terpisahkan dengan pelayanan rumah sakit lainnya
  • Orientasi pelayanan instalasi farmasi harus fokus kepada: pelayanan pasien, pelayanan penyediaan obat yang bermutu, pelayanan farmasi klinik dengan biaya terjangkau untuk semua lapisan masyarakat.
  • Mengedepankan sudut pandang pelayan yang mengadopsi kepada ” Pharmaceutical Care “, yang bertujuan untuk yang mengidentifikasi, mencegah dan menyelesaikan masalah obat dan masalah yang berhubungan dengan kesehatan keseluruh lapisan masyarakat.

Dengan adanya peraturan ini, tentunya akan menjadi gambaran bahwa dengan adanya standar pelayanan baru yang harus diterapkan pastinya perubahan ini akan meningkatkan biaya operasional dimana akan berdampak kepada meningkatnya harga obat. Kenyataan ini tentunya menjadi perhatian khusus bagi para manajerial rumah sakit, dimana hal ini akan berdampak pada kemampuan bersaing dalam menjual pelayanan kesehatan. Inillah kenyataan yang harus dihadapi oleh rumah sakit saat ini, tentunya kemampuan untuk memaksimalkan keefektifitasan biaya obat dan harga yang bersaing sangat diharapkan demi keberlangsungan operasional rumah sakit. Training Effective Cost and Competitive for Installation Pharmacy in Hospital ini menjadi solusinya, dalam program pelatihan ini akan dibahas dan diajarkan bagaimana menjadikan pelayanan kefarmasian pada sebuah rumah sakit bisa menjadi salah satu upaya nyata dalam mendukung terciptanya persaingan pelayanan yang unggul dan juga nantinya akan sekaligus menjadi daya saing di rumah sakit sekaligus manfaat yang besar bagi pasien.

Sebuah pertanyaan besar bagaimana melakukan semua yang tersebut diatas, bagaimana dan apa yang harus dilakukan jika instalasi farmasi, melalui apa instalasi farmasi rumah sakit bisa mempunyai peran nyata baik dari sisi ekonomi, penyediaan dan ketersedian obat yang aman, berkhasiat dan bermutu tunggi.  Bagaimana konsep mnajemen logistik dan distribusi obat dirumah sakit, yang efektif baik dari sisi ketersediaan dan biaya yang efektif. Dapatkan semua kebutuhan pengetahuan dan kemampuan diatas dalam program Training Effective Cost and Competitive for Installation Pharmacy in Hospital ini, sebagai Hospital Consultant BMD Street Consulting akan memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada serta terkait dengan bagaimana pengelolahan instalasi farmasi rumah sakit yang efektif dan tepat guna.

TUJUAN

Training Effective Cost and Competitive for Installation Pharmacy in Hospital ini diantaranya bertujuan untuk:

  1. Memberikan pemahaman dan pengetahuan sekaligus gambaran arah dan perkembangan tantanga kedepan di instalasi farmasi di rumah sakit.
  2. Peserta mampu melakukan dan mengelolah manajemen logistik farmasi secara prima dan mampu menyediakan obat dengan harga terjangkau dan terjaga ketersediaanya.
  3. Mendalami peran IFRS dalam melaksanakan Manajemen Logistik dan Distribusi Obat yang lebih cost effective
  4. Mampu membangun dan mengembangkan pelayanan instalasi farmasi yang bermutu dan berdaya saing tinggi di rumah sakit.

BAHAN AJAR

  • Pengantar perkembangan instalasi rumah sakit saat ini dan masa lalu, tantangan kedepan dan peran instalasi farmasi dalam meningkatkan pelayanan dan daya saing rumah sakit.
  • Estimasi kebutuhan logistik dan distribusi obat, dan mampu melakukan identifikasi yang tepat dalam rangka menghadapi tantangan masa depan.Mengidentifikasi Tantangan Farmasi RS dibidang Manajemen Logistik & Distribusi Obat.
  • Peran apoteker dan tantangan profesinya kedepan.
  • Mampu melakukan pengelolahan manajemen keuangan rumah sakit yang tepat guna
  • Manajerial: persedian obat, distribusi obat, dan pengendalian ketersedian obat.
  • Manajemen organisasi instalasi farmas dan sistem informasi manajeme farmasi rumah sakit
  • Konsep mutu dan pelayanan kefarmasian di rumah sakit
  • Teknik implementasi dan strategi serta tips dan trik pengelolahan dan pengembangan instalasi rumah sakit

METODE

Training Effective Cost and Competitive for Installation Pharmacy in Hospital ini menggunakan metode interaktif, dimana peserta dikenalkan kepada konsep, diberikan contoh aplikasinya, berlatih menggunakan konsep, mendiskusikan proses dan hasil latihan. Disampaikan dalam bentuk ceramah, diskusi interaktif dan presentasi kelompok.

PESERTA HARUS IKUT..??

Peserta yang wajib ikut dalam Training Effective Cost and Competitive for Installation Pharmacy in Hospital ini adalah Direktur Penunjang Medik, Kepala Unit Bagian Penunjang Medik, Ka. Instalasi Farmasi Rumah Sakit, dan seluruh oihak yang terlibat secara langsung maupun tidak terkait dengan penetapan kebijakan ketersedian stok obat yang harus disediakan di rumah sakit

TRAINER

Drs.Cholid AR .MM.MARS. Apt dan Team

Associated Trainer & Consultant BMD Street Consulting ini mempunyai latar belakang pendidikan: lulusan sarjana farmasi apoteker (Apt), magister management (MM), hingga  Magister Administrasi Rumah Sakit ( MARS ). Sebagai praktisi hingga dosen pengajar pernah beliau tekuni hingga saat ini menjadi salah satu tenaga ahli di BMD Street Consulting, diantaranya beliau pernah mengajar di fakultas kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Kesdam VI/Tpr (Kalbar), Pusdikkes TNI-AD, , RSPAD Gatot Soebroto, Direktorat Kesehatan TNI-AD, Ditjen Kuathan Kemhan.

DURASI
 2 Hari (Efektif 14 Jam: 09.00-16.00)
INVESTASI
Rp 5.750.000,00/peserta (Jakarta, Bogor, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Malang)
Rp 6.750.000,00/peserta (Bali)
FASILITAS
Sertifikat, Modul (Hard/Soft Copy), Training Kit (blocknote+Ballpoint), Jacket, Tas Ransel, 2X Lunch, 2X Coffe Break/hari, Foto Bersama Seluruh Peserta, dilaksanakan di hotel berbintang.

INFORMASI PENDAFTARAN & PROMO

Hub      : 021 – 756 3091
Fax       : 021 – 756 3291

CONTACT PERSON

0812 9578 8177, 0813 8280 7230

JADWAL TRAINING EFFECTIVE COST AND COMPETITIVE FOR INSTALLATION PHARMACY IN HOSPITAL TAHUN 2017

  • 11-12 Desember 2017 Yogyakarta

JADWAL TRAINING EFFECTIVE COST AND COMPETITIVE FOR INSTALLATION PHARMACY IN HOSPITAL TAHUN 2018

  • 15-16 Januari 2018 Jakarta
  • 19-20 Februari 2018 Yogyakarta
  • 19-20 Maret 2018 Bogor
  • 16-17 April 2018 Surabaya
  • 21-22 Mei 2018 Jakarta
  • 18-19 Juni 2018 Yogyakarta
  • 16-17 Juli 2018 Bogor
  • 20-21 Agustus 2018 Surabaya
  • 17-18 September 2018 Jakarta
  • 15-16 Oktober 2018 Yogyakarta
  • 21-22 November 2018 Bogor
  • 17-18 Desember 2018 Surabaya

Post Comment